Belajar Bahasa Arab Pemula

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Menurut saya pribadi belajar bahasa Arab merupakan kebanggaan tersendiri. Karena selain bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al qur’an dan sudah menjadi identitas bagi agama Islam, bahasa Arab juga ternyata merupakan bahasa tertua sekaligus bahasa internasional yang dituturkan oleh banyak orang khususnya di Timur Tengah dan negara-negara Afrika. Konon bahasa Arab   termasuk rumpun bahasa Semit dan merupakan salah satu bahasa tertua yang masih bertahan sejak hari ini. Atau bahkan ada yang mengatakan juga bahwa bahasa Arab merupakan nenek moyangnya semua bahasa.


Perbanyak Hafalan Kosakata


Kosakata bisa diibaratkan peluru yang keluar dari moncong senjata. Jika tidak punya hafalan kosakata ya bagaimana kita mau bicara ? Makanya aneh jika seorang ingin cepat menguasai bahasa Arab tapi malas menghafal kosakata. Padahal itu pokok, dan bahasa Arab sendiri terkenal dengan banyaknya antonim untuk setiap katanya. Mulailah dengan menghafal kata benda yang ada di sekeliling kita. Mulai dari sekeliling kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, sekolah, pasar dan lain sebagainya.  Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Belajar bahasa Arab jugA sangat penting , terutama bagi Anda yang sedang memperdalam ilmu-ilmu agama Islam, seperti Ilmu Tafsir, Hadits, Fiqih, Qiroat dan lain-lain. Belajar bahasa Arab itu tidak lepas dari belajar Nahwu dan Shorof. Khususnya belajar bahasa Arab untuk pemula, Anda harus menguasai bahasa Arab dasar, percakapan bahasa Arab dan mufrodat terjemahan bahasa Arab dengan baik dan benar.

Sebenarnya sangat mudah untuk belajar bahasa Arab bagi pemula. Sudah banyak sekali media yang menyediakan belajar bahasa Arab secara intensif. Misalnya Anda dapat mengikuti khursus bahasa Arab, belajar melalui visual seperti youtube atau bisa juga menggunakan aplikasi android seperti Ttalk dan lain-lain.

Setidaknya ada beberapa materi yang harus benar-benar dipahami bagi pemula, sebagai pondasi dasar untuk belajar bahasa Arab dengan mudah dan cepat. Selain itu juga ada cara atau trik agar belajar bahasa Arab menjadi lebih menyenangkan.

Berikut ini beberapa trik agar belajar bahasa Arab menjadi lebih mudah dan menyenangkan:

1.        Mulai menghafal banyak kosa kata (mufrodat). Agar mudah diingat, terapkan dalam satu hari menghafal minimal 3 kosa kata. Setelah itu, dari 3 kosa kata tersebut buatlah contoh kalimat, masing-masing 3 kalimat. Misalnya kosa kata ‘Buku’ bahasa Arabnya ‘كِتَابٌ’ kemudian buat kalimatnya “Buku itu baru” bahasa Arabnya “الكِتَابُ جَدِيْدٌ”. Terus sampai 3 kalimat. (Buat kalimat dengan bahasa Indonesia dahulu, baru dicari bahasa Arabnya).

2.        Banyak menghafal percakapan-percakapan (muhaddatsah). Anda bisa memulainya dengan menghafal percakapan-percakapan sederhana. Seperti: percakapan ketika berkenalan, ketika dalam kendaraan dan lain sebagainya. Banyak buku-buku percakapan bahasa Arab (muhaddatsah) yang tersedia.

3.        Pastikan Anda sudah bisa membuka kamus bahasa Arab. Dalam hal ini cara mencari kata (menemukan asal katanya). Sering-seringlah membuka kamus seperti: Al-Munawir dan Munjid.

4.        Cobalah untuk menerjemahkan kitab yang berbahasa Arab kedalam bahasa Indonesia, atau bisa juga sebaliknya.

5.        Sering-seringlah membuat suatu karangan cerita dengan menggunakan bahasa Arab. Setelah itu mintalah teman atau guru yang sudah ahli untuk mengoreksi.

6.        Carilah partner atau teman belajar yang setingkat (dalam bahasa Arabnya) dengan Anda. Hal demikian agar Anda selalu termotivasi dan lebih greget.

7.        Bergurulah dengan orang yang memang ahli dalam bahasa Arab. Misalnya guru di sekolah/ kampus atau teman Anda yang memang sudah mahir berbahasa Arab.

8.        Terus belajar dan jangan pernah merasa puas . 

Comments

  1. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
    Masmuka Artinya Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Ufa Bunga SMartphone

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Belajar Bahasa Arab Pemula